PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN
Ibnu Khaldun merupakan
salah satu tokoh pemikir Islam yang memiliki
pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun lebih
banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Sementara keahliannya di bidang
pendidikan kurang mendapat perhatian, kalaupun ada belum memberikan analisis
yang mendalam. Padahal seperti yang tercantum dalam karyanya Muqoddimah
Ibnu Khaldun, selain memiliki konsep tentang pendidikan yang bermanfaat untuk
dikembangkan ia juga bertindak sebagai pendidik. Konsep pemikiran Ibnu
Khaldun dalam perspektif pendidikan merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun
yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun tentang pendidikan
berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia
memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam secara ideal dan praktis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah
metode historis kritis. Langkah pertama adalah heuristik yaitu kegiatan
menghimpun jejak-jejak masa lampau atau tahap pengumpulan sumber. Tahap
kedua adalah verifikasi yang merupakan kegiatan meneliti sumber-sumber sejarah
baik secara ekstern maupun intern. Setelah melakukan verifikasi, selanjutnya
melakukan interpretasi. Interpretasi atau penafsiran terdiri dari analisis dan
sintesis. Analisis berarti menguraikan, dan sintesis berarti menyatukan. Keempat
historiografi atau penulisan sejarah, merangkaikan dari tiap-tiap tahap di atas
untuk disajikan kedalam sebuah karya sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dari pustaka yang telah dilakukan bahwa Ibnu
Khaldun adalah seorang tokoh besar dunia Islam, yang berhasil memberikan
kontribusi begitu besar dalam dunia keilmuan yang ada di dunia. Pemikiran Ibnu
Khaldun sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari akar pemikiran Islam. Ibnu
Khaldun menganggap bahwasannya pendidikan merupakan hakikat dari eksistensi
manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa pendidikan berusaha untuk
melahirkan masyarakat yang berbudaya serta berusaha untuk melestarikan
eksistansi masyarakat yang akan datang. Pandangan Ibnu Khaldun tentang
pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui
pendekatan ini, ia memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam
secara ideal dan praktis. Tantangan pendidikan menurut Ibnu Khaldun adalah
pendidikan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu
melahirkan masyarakat yang berkebudayaan serta berusaha untuk melestarikan
dan meningkatnya untuk eksistensi masyarakat selanjutnya.
Kata Kunci : Ibnu Khaldu, Konsep, Pemikiran
pengaruh besar dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Ibnu Khaldun lebih
banyak dikenal sebagai ahli sejarah dan sosial. Sementara keahliannya di bidang
pendidikan kurang mendapat perhatian, kalaupun ada belum memberikan analisis
yang mendalam. Padahal seperti yang tercantum dalam karyanya Muqoddimah
Ibnu Khaldun, selain memiliki konsep tentang pendidikan yang bermanfaat untuk
dikembangkan ia juga bertindak sebagai pendidik. Konsep pemikiran Ibnu
Khaldun dalam perspektif pendidikan merupakan hasil pemikiran Ibnu Khaldun
yang menekankan pada pendidikan. Pandangan Ibnu Khaldun tentang pendidikan
berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui pendekatan ini, ia
memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam secara ideal dan praktis.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah
metode historis kritis. Langkah pertama adalah heuristik yaitu kegiatan
menghimpun jejak-jejak masa lampau atau tahap pengumpulan sumber. Tahap
kedua adalah verifikasi yang merupakan kegiatan meneliti sumber-sumber sejarah
baik secara ekstern maupun intern. Setelah melakukan verifikasi, selanjutnya
melakukan interpretasi. Interpretasi atau penafsiran terdiri dari analisis dan
sintesis. Analisis berarti menguraikan, dan sintesis berarti menyatukan. Keempat
historiografi atau penulisan sejarah, merangkaikan dari tiap-tiap tahap di atas
untuk disajikan kedalam sebuah karya sejarah. Berdasarkan hasil penelitian dari pustaka yang telah dilakukan bahwa Ibnu
Khaldun adalah seorang tokoh besar dunia Islam, yang berhasil memberikan
kontribusi begitu besar dalam dunia keilmuan yang ada di dunia. Pemikiran Ibnu
Khaldun sesungguhnya tidak dapat dilepaskan dari akar pemikiran Islam. Ibnu
Khaldun menganggap bahwasannya pendidikan merupakan hakikat dari eksistensi
manusia. Ibnu Khaldun berpendapat bahwa pendidikan berusaha untuk
melahirkan masyarakat yang berbudaya serta berusaha untuk melestarikan
eksistansi masyarakat yang akan datang. Pandangan Ibnu Khaldun tentang
pendidikan berpijak pada konsep dan pendekatan filosofis-empiris. Melalui
pendekatan ini, ia memberikan arahan terhadap visi tujuan pendidikan Islam
secara ideal dan praktis. Tantangan pendidikan menurut Ibnu Khaldun adalah
pendidikan dapat mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas yaitu
melahirkan masyarakat yang berkebudayaan serta berusaha untuk melestarikan
dan meningkatnya untuk eksistensi masyarakat selanjutnya.
Kata Kunci : Ibnu Khaldu, Konsep, Pemikiran
Pernyataan
Tanggungjawab
Prof.Dr. Ajat SudrajaL
M.Ag ; Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd
Pengarang
Lilik Ardiansyah - Personal Name
Prof. Dr. Adjat Sudrajat, M.Ag. - Personal Name
Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd - Personal Name
Prof. Dr. Adjat Sudrajat, M.Ag. - Personal Name
Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd - Personal Name
Edisi
SKRIPSI
No. Panggil
08.07.001 Lil P
ISBN/ISSN
-
Subyek
Skripsi
Pendidikan Sejarah
FE
FIS UNY
Prof. Dr. Adjat Sudrajat, M.Ag.
Lilik Ardiansyah
Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd
PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN
Pendidikan Sejarah
FE
FIS UNY
Prof. Dr. Adjat Sudrajat, M.Ag.
Lilik Ardiansyah
Dr. Dyah Kumalasari, M.Pd
PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN
Klasifikasi
08.07.001
Judul Seri
-
GMD
Skripsi Digital
Bahasa
Indonesia
Penerbit
Pend. Ilmu Sejarah FIS
UNY
Tahun Terbit
2013
Tempat Terbit
Yogyakarta
Deskripsi Fisik
xi,77hlm.PDF
Info Detil Spesifik
-
Lampiran Berkas
Ketersediaan
41307800063
|
08.07.001 Lil P
|
Tersedia
|
Information This Page
DETAIL CANTUMAN
10 Koleksi Terbaru
- - Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
- - Manajemen berbasis sekolah: Dari teori s
- - Proses manajemen tingkat satuan pendidik
- - Hukum acara persaingan usaha di Indonesi
- - Penilaian angka kredit guru
- - Hukum persaingan usaha di Indonesia
- - Perencanaan sosial di dunia ketiga: Suat
- - Seberapa penuh ember Anda?
- - Tubuh yang rasis: Telaah kritis Michel F
- - Filsafat Wacana: Membelah Makna dalam An
10 Koleksi Terpopuler
- - Hukum Perburuhan Perjanjian Kerja
- - Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pe
- - Negara Antara Ada dan Tiada : Reformasi
- - Pengantar Hukum Perdata Tertulis (bw)
- - Pengantar Hukum Indonesia
- - Sejarah Peradaban Islam Indonesia / Musy
- - Ilmu Administrasi Publik
- - Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan / M.
- - Kerajaan Raminem (Trilogi Gadis Tangsi -
- - Gadis Tangsi
News
- - Bagaimana Mengatur Waktu Untuk Online ?
- - Mengapa Lebih Sering Baca Status di Face
- - Apakah Google Melebihi Perpustakaan ?
- - Panduan Penulisan Ringkasan Skripsi
Link UNY :
|
Link Terkait :
|
OPAC Others :
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar